• +628.212.43.222.51
  • mastro2k18@gmail.com
  • Mon-Fri ; 08.00-17:00

Definisi Kabel Listrik / Power

          Kabel listrik adalah media untuk menyalurkan energi listrik. Sebuah kabel listrik terdiri dari isolator dan konduktor. Isolator di sini adalah bahan pembungkus kabel yang biasanya terbuat dari bahan thermoplastik atau thermosetting, sedangkan konduktornya terbuat dari bahan tembaga ataupun aluminium. Kemampuan hantar sebuah kabel listrik ditentukan oleh KHA (kemampuan hantar arus) yang dimilikinya, sebab parameter hantaran listrik ditentukan dalam satuan Ampere. Kemampuan hantar arus ditentukan oleh luas penampang konduktor yang berada dalam kabel listrik, adapun ketentuan mengenai KHA kabel listrik diatur dalam spesifikasi SPLN. Sedangkan tegangan listrik dinyatakan dalam Volt, besar daya yang diterima dinyatakan dalam satuan Watt, yang merupakan perkalian dari Ampere × Volt = Watt. Pada tegangan 220 Volt dan KHA 10 Ampere, sebuah kabel listrik dapat menyalurkan daya sebesar 220V × 10A = 2200 Watt.

Kabel listrik berdasarkan tegangannya terdiri beberapa kategori, antara lain:

– Kabel listrik Tegangan Rendah

– Kabel listrik Tegangan Menengah

– Kabel listrik Tegangan Tinggi

Definisi Kabel Jaringan

                 Kabel jaringan komputer adalah salah satu perangkat keras/hardware komputer berupa kabel yang dirancang khusus dengan kriteria tertentu, serta memiliki peran penting karena bertugas sebagai penghubung dengan karakteristik yang dikategorikan sebagai media transmisi terarah (guieded/wireline) dalam suatu jaringan komputer. Media transmisi terarah yaitu sebuah kondisi dimana gelombang elektromagnetik yang digunakan dipandu sepanjang fisik, yang diwujudkan dengan menggunakan kabel. Fungsi dari kabel jaringan komputer yang utama adalah sebagai penghubung antar satu perangkat jaringan ke perangkat jaringan lain atau untuk menghubungkan dua atau lebih komputer untuk berbagi sumber daya.

Adapun jenis-jenis kabel jaringan komputer terdiri dari beberapa tipe yang disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi topologi jaringan, protokol dan ukuran jaringan komputer tertentu, berikut ini jenis kabel jaringan komputer :

– Kabel Coaxial

– Kabel twisted Pair

– Kabel Fiber Optic (FO)

WhatsApp Selamat datang di MASTRO, Silahkan !